Minggu, 21 Oktober 2018
  • (0721) 789-456

  • (fax) 0721 789456

  • Bandar Lampung,

  • Jl. P. Morotai No.33

  • Email

  • smkn1bl@gmail.com

image
20 JULI 2018

Kegiatan

MPLS SMKN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kegiatan MPLS bertujuan untuk me­ngenalkan kondisi sekolah baik dari per­waja­han, sarana prasarana dan fa­silitas, ditambah kegiatan yang bersifat po­sitif yakni penyuluhan bahaya dan dam­pak narkoba terhadap kesehatan, tata cara belajar, wawasan adiwiyata. "Ha­rapan ke depan, para siswa baru su­dah siap menyambut proses pem­be­lajaran, akademik dan nonaka­demik. Ter­masuk pengenalan organisasi di se­kolah," katanya.

Selain itu MPLS juga dapat menum­buh­kan disiplin, perilaku positif siswa antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai dan menghormati,menjaga kebersihan dan kesehatan serta memiliki in­tegritas untuk meningkatkan mutu pe­lakaran di Sekolah, se­hingga siswa ter­m­o­tivasi untuk berlomba-lomba men­jadi siswa berprestasi.

"Pembelajaran di sekolah SMK sa­ngat berbeda dengan SMP atau SMA ka­­rena siswa dituntut untuk belajar se­suai bakat dan kemampuan yang di­miliki begitu tamat akan ditampung di dunia usaha dan dunia industri sesuai pang­sa pasar kerja. Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diperoleh setelah diterima sebagai siswa di SMKN 1 Bandar Lampung sehingga peluang yang ada jadi tidak bermanfaat, berlomba-lom­balah meraih prestasi sesuai bakat dan kemampuan yang dimiliki," ujar Rohmanto, S.Pd sebagai wakil kelapa sekolah bidang Manajemen Mutu..

Rohmanto juga mengingatkan bagi siswa yang tidak disiplin serta taat kepada peraturan dan tata tertib sekolah, pihak sekolah akan mengembalikan ke kepada orangtua sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Dia mengatakan, SMK Negeri 1Bandar Lampung menerapkan konsep lima hari sekolah. Artinya, ada dua bahasa. Me­nerapkan konsep lima secara aka­demik, tetapi sekolah enam hari juga ya. Karena memang anak wajib hadir ke sekolah selama enam hari. Hanya guru saja yang wajib lima hari di sekolah. Tetapi satu pada Sabtu digunakan untuk Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK). Melalui ekstrakurikuler dan berbasis keagamaan.

"Setiap Sabtu ada ceramah ke­aga­maan bagi yang beragama Islam di mas­jid, sedangkan yang beragama Kristen nan­tinya dicarikan ruangan. Selanjut­nya, dikembangkan kegiatan olahraga, dan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, dan Paskibra dan lainnya," ucap Rohmanto.

Setiap Sabtu nantinya akan datang pem­bina ekstrakurikuler untuk meng­gantikan guru-guru. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kebo­sanan. "Se­lama lima hari penuh anak-anak berte­mu dengan guru-gurunya. Di hari Sabtu m­ereka akan dibimbing oleh pembina sehingga ada penyegaran. Kita berharap siswa senang setiap hari datang. Kita menciptakan sekolah nyaman," katanya.

Samsul Bahri SPd yang juga Wakasek bidang kesiswaan me­lapor kegiatan MPLS dilaksanakan sela­ma satu minggu penuh yang men­datangkan narasumber dari sekolah mau­pun luar sekolah serta pemberian reward bagi siswa teladan.

Publikasi Terbaru

Kamis, 11 Oktober 2018

Olimpiade Koperasi Siswa Indonesia

Selasa, 28 Agustus 2018

Lampung Krakatau festival 2018

Kamis, 16 Agustus 2018

SISWA MENGENAL NUSANTARA (SMN)

Kategori Publikasi

UJIAN NASIONAL PERBAIKAN

https://unp.kemdikbud.go.id/Ujian Nasional PerbaikanPendaftaran Ujian Nasional Perbaikan akan dimulai pada tanggal 2 s.d 6 Juli 2018Ujian Nasional Perbaikan diperuntukkan untuk peserta UN 2016/2017 dan 2017/2018yang belum memenuhi kriteria pencapaian

Selengkapnya